5 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

229
0

Your Ads

Alhamdulillah akhirnya salah satu tim dari duniaibu.org bisa memulai menulis, setelah lama blm memiliki kesempatan untuk menulis. Oh iya apa kabar kaum hawa? terutama buat para ibu dan bunda dimanapun berada semoga senatiasa sehat. Dan buat ibu atau calon ibu yang sedang , saya ucapkan selamat ya.. semoga sehat selalu. Nah, kali ini kami akan berbagi tentang 5 buah yang baik dikonsumsi oleh para . Apa saja sih 5 buah yang baik buat ibu hamil itu. Ini dia ;

1. Alpukat

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil
5 buah yang baik dikonsumsi ibu hamil

Buah selanjutnya adalah alpukat, salah satu buah yang rasanya lezat dan berasal dari negara Meksiko. Dan ternyata selain rasanya yang lezat dan juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, gizi yang terkandung dalam alpukat ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam folat, kalium dan vitamin B kompleks, di mana zat-zat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk tumbuh kembang janin. Asam folat adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat bagi janin karena bisa membantu perkembangan otak dan tulang elakangnya. Apalagi pada trimester pertama, buah yg baik untuk ibu hamil ini bisa membantu mengatasi rasa mual dan muntah.
2. Apel
Kebanyakan orang menyukai jenis buah yang satu ini, pasalnya buah yang memiliki warna merah, hijau atau kuning ini memiliki rasa yang lezat dan juga mudah dimakan. Banyak sekali vitamin-vitamin dalam buah apel yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin C. Bagi ibu hamil, kandungan serat yang tinggi pada apel juga membuat buah ini sangat baik untuk mengatasi penyakit diare atau sembelit. Dan bagi Anda yang suka makan camilan, lebih baik ganti camilan Anda yang mungin tidak sehat dengan buah apel. Pasalnya buah apel ini juga memiliki kandungan gizi yang dibtuhkan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga berat badan idealnya.

3. Kurma
Buah yang identik dengan negara Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi ibu hamil. Beberapa kandungan gizi di dalam buah kurma ini diantaranya adalah kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium. Beberapa mineral seperti zat besi adalah salah satu yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Pasalnya zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia. Selain itu rasa kram yang sering dialami ibu hamil juga bisa teratasi dengan kalium yang ada pada buah kurma. Dan selain bisa menjadi makanan yg baik untuk ibu hamil trimester pertama, kurma juga disarankan bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir karena vitamin B dalam buah kurma bisa membantu sang ibu memperkuat dinding rahimnya.
4. Manggis
Di urutan ketiga ada buah manggis, buah yang berwarna ungu dan memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dan ternyata vitamin C yang ada dalam hamil mampu membantu elastisitas kulit tubuh ibu hamil selama masa kehamilan karena biasanya kondisi tubuh sang ibu semakin hari akan semakin membesar. Selain itu di dalam buah yang rasanya unik ini juga sama dengan alpukat karena memiliki kandungan asam folat yang banyak bermanfaat bagi perkembangan janin. Janin akan terhindar dari risiko terlahir prematur ataupun terlahir cacat. Sedangkan mangan akan berfungsi sebagai pelindung tubuh dan juga sang janin dari gangguan radikal bebas.

5. Naga

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil
Bukan ular naga, tetapi buah yg baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah naga. Buah naga adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa cukup unik. Khasiatnya sangat banyak, terutama untuk kesehatan, dan salah satunya untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang sering merasa ada dahak yang mengganjal, maka dengan mengonsumsi buah naga ini akan memantu sang ibu untuk mengeluarkan dahak tersebut. Keuntungan lainnya adalah buah yang satu ini jarang sekali menggunakan pestisida atau sejenisnya. Hal ini dikarenakan kulit buah naga cukup tebal, sehingga sangat aman sebagai salah satu makanan yg baik untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama.

Lalu Buah apa saja yang Dilarang untuk Para Ibu Hamil
Nah, setelah membahas mengenai 5 buah yg baik untuk ibu hamil tadi, kini saatnya kita membahas juga beberapa jenis buah yang dilarang atau tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah apa saja itu? Dan mengapa tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Nah, jenis buah pertama yang sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil adalah buah nanas. Kandugan bromelain yang ada pada nanas ini dinilai menjadi salah satu penyebab terjadinya persalinan dini atau bahkan keguguran. Selain itu ternyata buah pepaya juga mengandung zat bernama lateks yang bisa memicu ibu hamil mengalami kontraksi, sehingga akibatnya sama dengan jika ibu hamil mengonsumsi nanas, yaitu persalinan dini atau keguguran.

Itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai beberapa buah yang baik untuk ibu hamil dan beberapa yang sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil. Dan yang perlu Anda ingat adalah, jangan lupa untuk selalu mencuci atau membersihkan buah yang akan Anda makan terlebih dahulu meskipun dari luar terlihat bersih. Ingatlah bahwa kebersihan makanan dan minuman adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan para ibu hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY