Waspada Sebelum Memilih Tabungan Bunga Tinggi

Waspada Sebelum Memilih Tabungan Bunga Tinggi

1
0


Waspada Sebelum Memilih Tabungan Bunga Tinggi

Rasanya percuma jika Anda tidak menabung di bank yang menawarkan tabungan bunga tinggi. Mengapa? Karena jumlah uang yang Anda tabung akan tergerus oleh inflasi. Bayangkan saja inflasi yang naik setiap tahun rata-rata 4%. Apa Anda tetap mau menyimpan uang dengan bunga 2%? Bukannya Anda menabung tapi justru uang yang Anda tabung lambat laun akan hilang.

Tidak hanya tergerus oleh inflasi. Ada juga biaya administrasi bulanan. Maka dari itu, berapapun uang yang Anda tabung akan hilang begitu saja.

Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk mencari bank yang menetapkan suku bunga tabungan tinggi. Bukan untuk mendapatkan keuntungan atas uang yang Anda simpan melainkan agar nilai uang yang Anda tabung tidak terus menerus turun.

Apakah ada bank yang menawarkan tabungan dengan bunga tinggi? Tentu saja ada. Setelah semakin banyak masyarakat tahu bahwa uang di dalam tabungan semakin hari semakin habis, mereka beranjak untuk menabung di tempat yang berbeda.

Sebenarnya, ada cara lain, yaitu investasi. Sayangnya, banyak sekali investasi bodong. Lihat saja berita akhir-akhir ini di mana masyarakat kelas menengah ke bawah justru terkena investasi bodong. Alih-alih mendapatkan untung, justru uang mereka raib dibawa pergi orang.

Hal tersebut juga bisa terjadi jika Anda tidak memahami betul mengenai tabungan bunga tinggi.

Memilih Bank Yang Menetapkan Suku Bunga Tabungan Tinggi

Sekarang ini, bank mencoba untuk menarik uang dari masyarakat. Salah satunya dengan cara menaikkan suku bunga tabungan. Dengan demikian, semakin banyak orang yang tertarik untuk menyimpan uang mereka ke bank.

Biasanya, hal ini dilakukan ketika bank mengalami kekurangan uang. Karena kredit begitu tinggi, bank butuh uang. Dan mereka akan menetapkan kebijakan menaikkan suku bunga tabungan yang tinggi.

Jadi, Anda tidak perlu berprasangka buruk jika ada bank yang menetapkan suku bunga tabungan tinggi. Tentu Anda tetap harus berhati-hati.

Ada banyak bank baru yang bermunculan. Agar mendapatkan nasabah, banyak hal yang mereka lakukan seperti mempermudah proses pinjaman, penetapan suku bunga kredit rendah, dan tak terkecuali menawarkan tabungan dengan bunga tinggi.

Namun, sebaiknya Anda memilih bank yang sudah terpercaya. Setidaknya aset yang mereka miliki sangat banyak. Dalam hal ini, Anda perlu ke internet dan mencari tahu aset bank yang akan Anda pilih. Jadi, Anda bisa tenang jika bank mengalami kerugian. Ada aset yang mereka bisa jual kemudian uang nasabah bisa dikembalikan.

Lain hal jika ternyata bank yang akan Anda pilih adalah bank yang baru berdiri. Selain tidak asetnya sedikit, sulit juga untuk menemukan kantor cabangnya.

  • Bunga Tidak Terlalu Tinggi

Pantas jika Anda berprasangka buruk jika ada bank yang menawarkan bunga tabungan yang sangat tinggi. Bunga 4% p.a merupakan angka yang sangat ideal. Dan ini diterapkan di Bank HSBC. Anda bisa buka tabungan bunga tinggi di Bank HSBC.

Jika Anda tidak tahu betul mengenai instrumen finansial, sebaiknya Anda jangan asal pilih bank yang memberikan suku bunga tabungan tinggi. Akan lebih baik jika Anda pahami dulu instrumen finansial yang bank tetapkan. Baru kemudian Anda bisa membuat keputusan.

Nah, sekarang sudah siap untuk menabung?

Perhatikan Kelebihan Lainnya

Banyak orang yang akhirnya menabung di sebuah bank lantaran satu hal, yaitu bunga bank yang tinggi. Tentu ini bukan hal yang salah. Namun, Anda kurang bijak jika hanya mempertimbangkan satu faktor ini.

Anda juga perlu perhatikan kelebihan lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Ini menjadi pertimbangan sendiri.

  • Berapa Minimal Tabungan Awal?

Ini adalah tabungan, bukan deposito. Tentu saja uang yang harus Anda setorkan pertama kali tidak begitu banyak. Ada lho yang hanya mensyaratkan setoran peratma sebesar 10 juta rupiah.

Meskipun Anda tahu banyak sekali kantor cabang bank yang Anda pilih, terkadang Anda tidak punya waktu untuk datang ke kantor cabang tersebut. Apalagi jika Anda hanya sekedar ingin mengetahui kondisi tabungan.

Maka dari itu, Anda bisa memilih untuk menabung di bank yang memberikan kemudahan dalam hal akses. Tanyakan dulu apakah ada akses internet banking atau tidak. Ini yang perlu Anda pertimbangkan juga.

Biasanya, bank memberikan suku bunga tabungan tinggi untuk mereka yang mau menabung dengan jumlah yang banyak serta dalam kurun waktu yang lama. Jika uang di ambil lebih awal, maka nasabah akan mendapatkan semacam denda.

Ini yang disebut dengan tenor, yaitu jangka waktu yang ditetapkan oleh bank. Dalam hal ini, Bank HSBC menawarkan tabungan bunga tinggi tanpa tenor. Jadi, Anda bisa menarik dana kapan saja tanpa harus menghiraukan masa tenor.

Jangan hanya lihat hal-hal enaknya saja. Ketahui juga biaya administrasi yang harus Anda bayarkan. Jika biaya administrasi rendah, silakan Anda ambil. Ada juga lho yang tidak mengenakan biaya administrasi bulanan

Semua bank berlomba-lomba untuk mendapatkan lebih banyak nasabah. Caranya bermacam-macam. Ada yang menawarkan Kartu Kredit Cashback yang cocok sekali bagi Anda yang suka berbelanja online. Dengan kartu ini, Anda akan mendapatkan cashback yang bisa digunakan untuk membeli produk lain. Dan salah satu produk yang banyak diminati saat ini adalah tabungan dengan bunga tinggi.

Terlepas dari hal tersebut, tetap saja Anda harus sesuaikan antara penghasilan dengan pengeluaran Anda. Pahami semua hal mengenai layanan perbankan. Ambil produk yang bisa Anda dapatkan manfaatnya.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY