Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. – Kesehatan Ibu Hamil

Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. – Kesehatan Ibu Hamil

2
0


Karena terbatasnya pengetahuan dan informasi yang didapat tidak semua wanita tahu bagaimana menghitung masa subur mereka. Beberapa wanita bahkan merasa bingung dan bertanya-tanya apakah ia berada di masa subur atau tidak? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenali masa subur pada wanita. Menyadari masa subur sangat berguna saat pasangan ingin menunda sampai siap atau saat memutuskan untuk memiliki bayi.

Menyadari masa subur untuk menghindari kehamilan biasanya dilakukan oleh pasangan muda yang belum siap untuk memulai sebuah keluarga dan tidak suka menggunakan alat k0ntr4seps1 yang tersedia.

Untuk terjadinya kehamilan, biasanya hanya sebagian kecil pasangan yang mengalami kesulitan. Salah satu penyebab sulitnya adalah teknik dan waktu yang tidak tepat. Karena itu, mengenali masa subur akan membantu rencana keluarga, asalkan tidak ada penyebab organik lainnya.

Cara menghitung masa subur akan lebih sulit bagi wanita yang ingin hamil tapi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur setiap bulannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada parameter lain yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui masa subur Anda.

TIPS – Cara Menghitung Masa Subur

Berikut tips dan cara menghitung masa subur dan Anda bisa memilih metode yang tepat untuk mengoptimalkan usaha Anda agar cepat mendapatkan kehamilan.

1. Sistem Kalender

Ovulasi umumnya diperkirakan terjadi 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Namun, masa subur ini sangat bervariasi dari satu individu ke orang lain. Beberapa gejala seperti ketidaknyamanan pada perut bagian bawah dan adanya pendarahan ringan pada siklus haid pertengahan bulan juga merupakan tanda ovulasi.

Cara menghitung masa subur dengan perhitungan kalender lebih cocok dilakukan oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur (minimal menstruasi bulanan). Idealnya, seorang wanita memiliki siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari, bisa mengalami penurunan atau kenaikan, yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Pemakaian sistem kalender biasanya direkomendasikan dengan mencatat hari pertama mulainya haid setiap bulan. Pencatatan dilakukan paling sedikit 6 siklus (6 bulan) sampai 12 siklus (12 bulan).

Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. - Kesehatan Ibu Hamil

Pola kalender masa subur bisa diperhitungkan sebagai berikut:

  • Temukan siklus yang paling pendek
  • Total hari pada siklus terpendek tersebut dikurangi 18
  • Temukan siklus terpanjang
  • Total hari pada siklus terpanjang tersebut dikurangi 11 » Lingkari hari pertama masa haid.

Rumusnya yaitu:

  • Tanggal haid pertama: 4
  • Siklus terpendek: 28 — > 28-18=10
  • Siklus terpanjang 32 —> 32-11 =21
  • Hari pertama masa subur: hitung 10 hari dari tanggal haid pertama (termasuk haid pertama)
  • 13 merupakan hari pertama masa subur.
  • Hari terakhir masa subur: hitung 21 hari dari hari pertama haid —>24 merupakan hari terakhir masa subur.
  • Masa subur pada siklus haid ini berkisar pada hari 13 sampai 24.

Sebagai contoh dengan asumsi siklus menstruasi 28 hari, maka hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari pertama. Masa subur dimulai dari hari ke 12 sampai hari ke 16 dalam siklus haid. Misalnya jika Anda mendapatkan yang pertama pada tanggal 3 Juli, maka itu ditandai sebagai hari pertama siklus haid Anda. Dari sana hari ke 12 Jatuh pada tanggal 14 Juli dan hari ke 16 siklus menstruasi turun pada tanggal 18 Juli.

Dari perumpamaan ini adalah masa subur di rentang 14-18 Juli. Karena itu, periode tanggal adalah waktu terbaik bagi Anda yang sedang mencari tips cepat untuk bisa hamil berhubungan 53K5 dengan pasangan Anda. Hal ini Juga dianjurkan sebelum mendekati masa awal kesuburan untuk menahan diri berhubungan selama beberapa hari untuk lebih mengoptimalkan kualitas sperma dalam membuahi sel telur.

2. Metode Getah Lendir Serviks

Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. - Kesehatan Ibu Hamil

Cara menghitung masa subur dengan metode kedua ini dilakukan dengan pemeriksaan getah lendir dari mulut rahim (serviks). Metode mengetahui masa subur ini bisa dilakukan sendiri dengan cara pemeriksaan setiap hari dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Baca juga tentang bahaya kanker servicks.

Mrs V pada wanita normal biasanya mengeluarkan lendir yang diproduksi oleh jaringan serviks selama periode siklus menstruasi yang sering terjadi dengan perubahan hormon reproduksi. Lendir ini biasanya mengubah konsistensi lendir kering, menjadi lengket dan lebih cair selama siklus menstruasi. Seorang wanita pada masa paling subur biasanya terasa lebih basah di daerah mrs v.  Ini bisa diuji sendiri dengan Jari. Periode paling subur biasanya ditandai dengan cairan encer lendir, bening dan bisa distretch seperti getah bening.

3. Metode USG

Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. - Kesehatan Ibu Hamil

Cara menghitung masa subur dengan pemeriksaan ultrasound ini dengan melihat kelenjar telur, perkembangan telur terjadi hingga matang dan siap menjadi (ovulasi). Cara ini adalah salah satu yang direkomendasikan bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur. Baca juga mengetahui jenis kelamin bayi dengan usg.

Dengan pemeriksaan serial 2-3 hari bisa diketahui siklus haid, kalender haid hingga kalender ovulasi. Dipantau secara progresif sampai ovulasi akan dilakukan pada hari pencatatan hari subur terjadi terhitung sejak hari pertama haid.

4. Sistem Suhu Tubuh

Terjadinya ovulasi disekitar pertengahan siklus haid biasanya Juga ditandai dengan peningkatan suhu tubuh. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan menggunakan termometer pada waktu yang sama setiap hari dari masa setelah selesai period. Waktu yang paling sering direkomendasikan adalah pagi hari saat baru bangun tidur. Pemeriksaan suhu tubuh bisa dilakukan selama beberapa siklus, dengan demikian pola masa subur bisa dikenali dan pasangan bisa merencanakan waktu s3ngg4m4 pada masa subur yang tepat.

Suhu tubuh agak meningkat saat Anda sedang berovulasi. Jadi sedikit peningkatan adalah tanda yang bagus kalau Anda sedang subur. Simpanlah termometer di samping tempat tidur dan cek suhu tubuh dengan termometer tersebut saat Anda bangun di pagi hari. Lakukan pada Jam yang sama. Catatlah suhu tubuh setiap hari. Jika melihat Jarum termometer berada di antara angka -13,5°Celcius dan -17°Celcius lebih dari satu hari, kemungkinan Anda sedang dalam masa ovulasi.

Kesuburan mencapai masa tertinggi selama dua hingga tiga hari sebelum suhu basal tubuh meningkat. Jadi, Jika Anda dapat mengobservasi pola suhu basal tubuh yang muncul dari bulan ke bulan. Anda dapat memprediksi saat yang paling tepat untuk
mendapatkan kehamilan. Akan tetapi perlu diingat, peningkatan suhu tubuh ini juga bisa disebabkan oleh penyebab lain, oleh karena itu sangat penting untuk melihat pola peningkatan suhu tubuh selama beberapa siklus sebagai pola masa subur.

5. Memakai Software Penghitung Masa Subur

Ada juga metode penghitungan masa subur dengan menggunakan software yang terpasang di komputer. Dengan software ini Anda cukup memasukkan tanggal masuk hari pertama menstruasi dan siklus haid Anda, setelah itu perangkat lunak akan memberikan masukan data pada perkiraan tanggal masa subur.

Beberapa sistem ini bisa dipakai sendiri sendiri atau dipakai secara kombinasi. Akan tetapi harus diingat, sistem sistem ini mungkin bekerja untuk satu orang bisa juga gagal pada orang lain.

Kegagalan biasanya disebabkan oleh:

  • Keteraturan siklus haid
  • Kesalahan perhitungan
  • Penyebab lainnya: seperti adanya kelainan hormonal, usia, kondisi kesehatan lain.

Semoga bermanfaat.

151 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Pencarian Terkait :

  • masa subur dan kehamilan
  • terapi olah raga yoga ibu hamil

The post Tips Cepat Hamil, Cara Tepat Menghitung Masa Subur. appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY