Mengapa Kok Malas Sekali Senam Hamil? Cari Semangat Yuk

Mengapa Kok Malas Sekali Senam Hamil? Cari Semangat Yuk

4
0


Mengapa Kok Malas Sekali Senam Hamil? Cari Semangat Yuk

Sebenarnya, tidak perlu lah melakukan senam . Asal Anda mau melakukan gerakan ringan rutin setiap hari, itu sudah lebih dari cukup.

Pada dasarnya, senam tersebut didesain agar tubuh ibu bergerak. Dan pergerakan yang dilakukan tidak berbahaya bagi ibu hamil dan juga bayi di dalam kandungan.

Lalu, mengapa ada senam kalau melakukan gerakan ringan saja seperti jalan santai setiap hari sudah cukup? Jawabannya sederhana. Karena banyak ibu hamil yang tidak melakukan gerakan ringan. Wanita hamil cenderung ingin diam, pasif di rumah. Anda pun merasakan hal yang sama, bukan?

Dan itu sangat kurang baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu, solusinya adalah mempraktikkan senam hamil setiap hari di mana gerakannya sangat sederhana. Mudah dilakukan.

Meskipun demikian, tetap saja banyak ibu hamil yang tidak mau melakukan hal tersebut. Ada yang bilang tidak tahu padahal banyak tutorial yang bisa dilihat di internet. Ada yang punya alasan lain. Tidak punya waktu.

Apapun itu, tetap saja kurang baik jika ibu hamil tidak mau melakukan olahraga ringan seperti ini.

Untuk itu, harus ada booster yang bisa menyemangati ibu hamil agar mau melakukan senam kehamilan.

Cari Tahu Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil

Jika ada yang bertanya apa manfaat dari senam yang satu ini, tentu jawabannya sama seperti orang yang sedang tidak hamil melakukan aktivitas senam. Agar badan sehat.

Akan tetapi, ada hal lain yang harus ibu hamil ketahui. Senam untuk ibu hamil ternyata bisa membuat bayi sehat. Ada pengaruh signifikan ketika seorang ibu yang mau melakukan senam saat hamil dengan mereka yang tidak mau melakukan kegiatan ringan tersebut.

Ini bukan mitos tapi fakta ilmiah. Dengan melakukan senam, peredaran darah seorang ibu hamil lebih baik. Dengan demikian, nutrisi bisa disalurkan ke rahim dengan lebih optimal sehingga bayi pun bisa berkembang dengan sangat baik.

Dan ada satu lagi yang tak kalah penting. Senam membuat bayi lebih cerdas. Tidak percaya?

Ada satu penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Montreal. Ada 60 wanita hamil yang dijadikan obyek penelitian. 60 wanita hamil tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk melakukan olahraga seperti senam ibu hamil sesuai usia kandungan. Sementara kelompok lainnya tidak.

Anda tahu apa hasilnya? 30 wanita yang melakukan senam ringan tersebut saat hamil melahirkan bayi yang memiliki kecerdasan seperti bayi usia 12 hari. Ini menunjukkan kecerdasan bayi yang selama dalam kandungan seorang ibu yang melakukan senam lebih cepat daripada yang tidak.

Apa buktinya? Ternyata, bayi yang baru lahir dari wanita hamil yang melakukan senam kehamilan bisa memberikan respon lebih baik. Indera pendengarannya jauh lebih bagus.

Semoga dengan mengetahui manfaat dari senam kehamilan tersebut bisa membuat ibu hamil semakin bersemangat untuk melakukan senam ibu hamil.

Tips Agar Lebih Semangat Senam Saat Hamil

Tidak cukup hanya mengetahui manfaat senam kehamilan saja agar ibu hamil lebih semangat. Namun, setidaknya setelah tahu adanya manfaat yang bisa didapatkan bayi di dalam kandungan bisa memompa keinginannya untuk melakukan kegiatan yang ringan tapi bermanfaat tersebut.

Namun, tetap saja harus ada stimulus lainnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar semakin semangat untuk melakukan senam kehamilan.

  1. Ikut Kelas
    Beda antara senam sendiri dengan senam bersama ibu-ibu hamil lainnya. Ini sama seperti dulu waktu masih sekolah. Belajar sendiri malas sekali. Jika belajar bareng, tentu lebih semangat, bukan?

    Untuk itu, ibu hamil bisa mencari kelas senam ibu hamil. Biasanya, klinik persalinan menyelenggarakan senam untuk ibu hamil seperti ini.

  2. Panggil Instrukstur
    Ada juga alternatif lain selain ikut kelas senam. Panggil saja instruktur senam kehamilan. Jika ada yang memandu, tentu Anda lebih serius untuk melakukan kegiatan ini. Beda jika tidak ada yang memandu dan memantau. Anda bisa melakukan dengan malas-malasan. Bahkan tidak rutin.
  3. Jaga Mood
    Sebenarnya, jika ada kemauan yang besar untuk memastikan bayi sehat, tentu saja apa saja akan Anda lakukan. Sayangnya, untuk memiliki kemauan yang kuat ini yang sulit.Cara yang paling mudah adalah menjaga mood. Pastikan mood Anda selalu bagus. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengontrol pikiran dan hati Anda sehingga Anda bisa lebih mudah menggerakkan diri untuk melakukan apa saja, tak terkecuali melakukan senam kehamilan.

 

Coba saja Anda praktikkan tips tersebut di atas. Pasti kemalasan Anda hilang. Dan Anda akan semakin rutin dan penuh semangat mempratikkan senam untuk ibu hamil.

Akan tetapi, harus ada yang perlu diperhatikan. Olahraga saat mengandung memang bagus tapi, misalkan, senam aerobik ibu hamil dan semacamnya memiliki gerakan-gerakan yang berbeda. Tergantung berapa usia kehamilan Anda.

Itulah mengapa tidak begitu disarankan ketika ibu hamil melakukan senam sendiri tanpa didampingi instruktur profesional. Instruktur tidak hanya memandu tapi menjaga agar risiko yang mungkin saja bisa terjadi bisa dihindari.

Selain itu, instruktur juga bisa menentukan gerakan apa yang sebaiknya dilakukan. Anda harus tahu senam ibu hamil tua biasanya difokuskan agar pernafasan bagus serta otot panggul lebih kuat. Gerakan tertentu dilakukan agar semakin siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Bukankah itu yang Anda inginkan? Untuk itu, tidak ada alasan lagi untuk rutin melakukan senam kehamilan. Selamat mencoba dan terus bersemangat ya.

Share and Enjoy



Source link

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY