Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya – Kesehatan Ibu Hamil

Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya – Kesehatan Ibu Hamil

47
0


Dalam dunia medis ada banyak sekali golongan obat. Dari golongan obat tersebut mempunyai manfaat masing-masing. Orang yang paling paham mengenai obat adalah yang berkecimpung di bidangnya yaitu bidang medis dan farmasi. Namun kita pun dapat memahaminya meskipun hanya pengetahuan dasar saja. Ada obat golongan antibiotik, paracetamol, dan lain sebagainya.

Apa itu Obat Golongan Antibiotik?

Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya - Kesehatan Ibu Hamil
Apa itu Obat Golongan Antibiotik?

Salah satu golongan obat yang sering kita kenal dan kita temui adalah golongan antibiotik. Antibiotik digunakan untuk mengobati sakit yang disebabkan karena bakteri. Berbagai macam baketri bisa menyerang tubuh terutama dalam kondisi tubuh yang kekebalannya sedang menurun. Akibatnya tubuh menjadi lemah dan tidak berdaya. Di sini peran antibiotik diperlukan. Antibiotik juga dapat menangani virus, jamur, maupun nonbakteri yang lain. Jenis antibiotik pun mermacam-macam dan mempunyai efektitas yang berbeda-beda. Terdapat antibiotik yang melawan bakteri dan antibiotik yang spekturumnya luas.

Antibiotik dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi. Diantaranya yaitu penisilin, tetrasiklin, sefalosporin, dan antibiotik betalaktam lainnya; makrolida, kuinolon, aminoglikosida, sulfonamida, dan trimetropim, serta antibiotik yang lainnya.

Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya - Kesehatan Ibu Hamil

Penilisin merupakan antibiotik yang berperan untuk membunuh bakteri menggunakan mekanisme yang dapat menghambat dinding sel bakteri. Obat golongan penisilin dapat menyebar dengan baik di cairan tubuh dan jaringan. Golongan antibiotik berikutnya adalah tetrasiklin. Obat ini merupakan antibiotik dengan spektrum luas. Secara mikrobiologis sedikit saja mikroba yang bisa diatasi oleh golongan ini. Apabila terdapat pasien yang alergi terhadap antibiotik jenis betalaktam, maka tertasiklin dapat menjadi alternatif yang baik.

Di dunia medis penggunaan obat ini menurun karena terjadi banyak resistensi bakteri. Gangguan yang masih disarankan menggunakan obat tetrasiklin yaitu karena saluran pernafasan, infeksi klamidia, mikroplasma genital, spiroketsa, riketsa, dan brusela.

Masih ke dalam golongan antibiotik yaitu obat sefalosporin dan betalaktam lainnya. Obat ini adalah antibiotik yang termasuk spektrum luas juga. Biasanya digunakan pada terapo pneumona, meningitis, peritonitis, infeksi saluran urin, infeksi saluran empedu, dan septikemia. Secara farmakologi, aktivitas obat jenis ini sama dengan jenis penisilin. Berikutnya adalah mikrolida. Ada beberapa macam makrolida.

Pertama yaitu azitromisin yang aktivitasnya pada bakteri gram positif. Obat ini memiliki paruh waktu yang lama. Oleh karena itu penggunaannya cukup satu kali dalam sehari.

Kedua yaitu eritromisin yang bisa digunakan pada infeksi saluran pernafasan.

Amankah Antibiotik Untuk Ibu Hamil?

Ada beberapa orang yang harus hati-hati dalam mengonsumsi obat. Misalnya orang yang mempunyai masalah ginjal, hati, dan lambung sensitif terhadap golongan obat tertentu. Ada juga orang yang alergi terhadap kandungan obat sehingga harus diganti dengan obat lain yang memiliki manfaat sama. Untuk , biasanya harus lebih diperhatikan ketika akan mengonsumsi obat-obatan di luar obat .

Pada dasarnya kekebalan tubuh ibu hamil lebih rawan. Oleh karena itu ibu hamil mempunyai banyak keluhan dan banyak gangguan. Gangguan yang sering dialami yaitu pada saat trimester pertama. Pada trimester pertama tidak hanya ibu hamil saja yang rawan sakit, namun janin yang ada di dalam kandungan juga harus dijaga dengan lebih baik. Ibu yang baru merasakan hamil pertama kalinya akan sangat terasa sekali saat kondisi seperti ini.

Mengapa demikian? Karena ibu hamil sedang beradaptasi dengan kondisi barunya. Dari yang awalnya belum pernah hamil lalu merasakan hamil untuk pertama kalinya. Ada yang mengatakan antibiotik berbahaya jika dikonsumsi untuk ibu hamil. Namun sebenarnya ibu hamil tetap dapat mengonsumsi antibiotik untuk kondisi-kondisi tertentu. Sebenarnya saat hamil tubuh menjadi mudah terserang bakteri dan virus. Oleh karena itu ada antibiotik untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi tanpa menganggu kondisi janin. Antibiotik berfungsi untuk menyerang bakteri, oleh sebab itu ibu hamil yang terserang bakteri tetap dapat mengonsumsi antibiotik.

Antibiotik diberikan kepada ibu yang sedang hamil ketika tidak ada pilihan obat lain yang lebih baik untuk menangani masalah tersebut. Dalam penggunaannya bagi ibu hamil, manfaat antibiotik harus lebih besar dibandingkan dengan dampaknya. Gangguan infeksi saluran kemih sering terjadi pada ibu yang sedang hamil sehingga di sini perlu adanya antibiotik. Ada beberapa antibiotik yang cukup aman, yaitu amoxicillin, clindamycin, ampiciliin, nitrofurantoin, dan erythromycin. Sedangkan antibiotik yang harus dihindari yaitu jenis tetrasiklin.

Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya - Kesehatan Ibu Hamil

Cara mengonsumsi antibiotik untuk ibu hamil yaitu dengan dosis yang paling rendah. Jika suatu dosis sudah dapat mewakili kebutuhan antibiotik, maka dosis tidak perlu dinaikan. Dokter akan memberikan pengarahan mengenai antibiotik yang sudah mempunyai riwayat aman bagi ibu hamil. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi antibiotik pada trimester pertama di mana kondisi janin masih sangat rawan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan minum sembarang obat. Obat yang akan diminum harus sesuai petunjuk dokter. Jika akan mengonsumsi parasetamol untuk ibu hamilharus dikonsultasikan kepada dokter. Dokter akan menganalisis kondisi kesehatan ibu. Penggunaan parasetamol yang sembarangan dapat menyebabkan anak menderita ADHD. Jika ibu hamil demam sebaiknya lebih banyak istirahat dan mengonsumsi air putih. Namun jika memang parasetamol benar-benar dibutuhkan, dokter akan memberikan resep dengan tepat.

Ibuprofen Obat Apa dan Untuk Apa?

Ibuprofen sebagai salah satu obat yang populer di sekitar kita. Sebenarnya ibuprofen obat apa? Obat yang satu ini bekerja untuk menekan rasa nyeri. Misalnya jika nyeri hadi, nyeri otot, sakit kepala, sakit gigi, dan arthritis. Manfaat lainnya yaitu untuk mengobati demam serta mengobati pilek. Cara kerjanya dengan mengurangi nyeri, demam, dan bengkak.

Sebelum meminum Ibuprofen, sebaiknya baca keterangan dengan baik. Cara meminumnya yaitu sekitar 6 jam sekali. Namun bisa disesuaikan dengan petunjuk dan resep dokter. Dalam meminum obat, Anda tidak boleh dengan dosis yang sembarangan. Anda bisa menanyakan kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum meminum. Terutama jika Anda mempunyai masalah lambung. Dalam penggunaannya ada sakit tertentu yang membutuhkan cukup waktu agar kondisi membaik. Namun sebaiknya jangan tunggu nyeri sudah parah baru meminum obat. Anda harus tanggap dengan segera minum obat saat nyeri datang.

Selanjutnya adalah obat Cefadroxil. Cefadroxil obat apadan bagaimana aturan meminumnya? Obat ini dapat mengobati infeksi kulit, tenggorokan, dan saluran kemih. Obat yang satu ini masih termasuk ke dalam antibiotik golongan sefalosporin. Cara kerjanya yaitu untuk membunuh dan mencegah bakteri namun tidak dapat menyerang virus. Jika dokter memberikan obat ini, maka minumlah sampai habis. Jika Anda sudah merasa baikan dalam waktu dua sampai tiga hari, namun obat ini belum habis, Anda harus tetap menghabiskannya. Karena dosis antibiotik sudah disesuaikan dengan bagaimana dan kapan obat tersebut akan benar-benar membunuh bakteri sehingga bakteri tidak balik lagi.

Jika tidak dihabiskan, maka kemungkinan kesembuhan tidak maksimal. Cara minum obat ini biasanya menggunakan dosis tunggal atau dua kali sehari. Minumlah pada interval yang sama agar obat lebih efektif.

Ada lagi obat cefixime yaitu masih sejenis antibiotik untuk mengatasi infeksi akibat dari bakteri. Sakit yang bisa diobati dengan obat ini diantaranya seperti amandel, pneumonia, sakit tenggorokan, bronkhitis, dan infeksi saluran kencing. Obat ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dengan dosis 200-400mg dalam satu hari. Sedangkan untuk anak-anak di atas 6 bulan dan memiliki berat badan di bawah 50 kg diberikan dosis 9 mg per kg dalam satu hari.

The post Macam-Macam Golongan Obat dan Manfaatnya appeared first on Kesehatan Ibu Hamil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY